Kamis, 28 Juni 2012

Apel dan pir adalah buah-buahan umum yang sering dianggap remeh ketika kita mencari rasa eksotis. Sesungguhnya, apel dan pir dipenuhi dengan vitamin dan mineral penting serta mempunyai efek antioksidan yang bermanfaat.
Salah satu keuntungan besar apel dan pir adalah kemampuan detoksifikasi yang sangat tinggi, khususnya untuk sistem pencernaan. Seluruh tubuh dapat dibersihkan hanya dengan memakan apel dan pir selama sehari. Baik dimakan mentah dan utuh maupun diminum sebagai jus, keduanya akan memberi kemilau yang sehat pada kulit.
Selain membersihkan tubuh dari racun, apel dan pir juga memperkuat sistem kekebalan dengan cara membantu menahan infeksi. Pir mengandung kadar yodium yang tinggi sehingga dapat membantu fungsi kelenjar tiroid sekaligus membersihkannya. Apel dapat mengurangi kolesterol dan meredakan berbagai bentuk radang, khususnya encok, serta radang akibat infeksi saluran pernapasan Menurut banyak praktisi naturopati, apel juga dipercaya dapat membantu meredakan gejala tidak nyaman akibat gangguan nyeri perut (irritable bowel syndrome).

Manfaat:
- Menurunkan kolesterol.
- Memberikan banyak vitamin dan mineral, khususnya beta-karoten, vitamin C, asam folat, kalsium, magnesium, yodium, fosfor, dan potasium
- Merangsang fungsi kelenjar tiroid (buah pir).
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
- Mengurangi radang.
- Meningkatkan tenaga.


Puding Apel Dan Hazelnut

Bahan :
- 3 buah apel untuk dimasak (dikupas, dibuang bagian tengahnya, dan dicincang kasar)
- 5 cm potongan kulit jeruk lemon
- 1 sdm jus apel atau air
- 1,5 sdt jahe parut
- 50 g kismis/sultana
- 1-2 sdm madu encer
- 75 g remah roti gandum yang masih kasar
- 2 sdm gula pasir
- 50 g hazelnut panggang, dicincang sempurna
- 1 sdt teh kayu manis bubuk untuk hiasan
- creme fraiche, yogurt, atau fromage frais, untuk penyajian (sesuai selera)

Cara Memasak :
- Tempatkan apel bersama kulit jeruk, jus apel atau air, dan jahe di panci bergagang. Panaskan dengan api kecil sampai potongan apel mulai melunak sambil sesekali diaduk. Ketika sari buah mulai keluar dari apel, tambahkan kismis, tutup panci, dan didihkan dengan api kecil selama 10-15 menit atau sampai buah apel empuk dan halus.
- Angkat panci dari kompor dan aduk dengan sendok kayu agar pure sedikit kasar. Tambahkan madu untuk memberi rasa, lalu buang kulit lemon.
- Panaskan wajan besar. Masukkan remah roti, lalu sangrai. Aduk terus sampai warnanya menjadi keemasan. Tambahkan gula dan hazelnut cincang, kemudian angkat panci dari kompor sambil terus diaduk. Biarkan hingga dingin.
- Apabila remah roti dan campuran hazelnut telah dingin, pecahkan menjadi serpihan kecil dengan punggung sendok. Tuangkan 2 sendok makan pure buah apel ke dalam 4 gelas kecil, kemudian tutup dengan lapisan campuran remah-remah. Bila apel dan remah-remah masih tersisa, tuangkan lagi ke gelas yang lain.
- Sajikan segera atau dinginkan selama 1 jam. Tepat sebelum makan, taburi puding dengan kayu manis dan sajikan dengan  creme fraiche, yogurt, atau fromage frais.

Untuk 4 Porsi. :)

Sandwich Buah Pir dan Daging Asap dengan Mustard Madu

Bahan :
- 3 sdm madu kental
- 1 sdm mustard Dijon
- 2 sdt gula kaster
- 4 irisan tebal roti gandum hitam Rusia atau Jerman beradonan asam
- 1 buah pir masak yg segar
- 4 potong daging asap
- Segenggam penuh lada air
- Lada halus secukupnya

Cara Membuat :
- Campurlah madu, mustard, dan gula kaster hingga menjadi adonan yang lembut
- Oleskan mustard madu di atas irisan roti. Belah empat buah pir secara membujur tanpa dikupas
- Tutup masing-masing potongan roti dengan irisan daging. Beri beberapa helai selada air serta lada halus di atasnya. Tambahkan buah pir diatas piring. Lalu sajikan dengan pisau dan garpu.

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates