Rabu, 12 September 2012

merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, tapi tetap ingin menguasainya? okey, aku disini bakal beberin beberapa tips yang dijamin mudah, nonbiaya, dan yang jelas mujarab deh!. bukan pakai cara lama, atau bahkan ngebosenin. malahan ini bisa jadi mendukung banget sama diri kamu!

DENGERIN MUSIK
Bagi kamu yang suka mendengarkan lagu dan tertarik dalam dunia musik, cara yang tepat buat belajar bahasa asing adalah dengan mendengarkan lagu berbahasa asing. tapi bukan cuma dengarkan, coba kamu pelan-pelan translate in lirik lagunya pake kamus, hafalin syairnya.. dan dengarkan berkali-kali. cara ini sudah banyak terbukti membuahkan orang-orang sukses peraih beasiswa!

NONTON FILM
buat kamu yang hobinya nonton film, kamu bisa belajar bahasa asing lewat nonton film-film asing. untuk awal, boleh deeh.. liat pake subtittle-nya dulu, tapi.. jangan lupa perhatikan ketika bagaimana artisnya berbicara. lama-lama, kamu coba aja nonton film asing tanpa terjemahannya. banyak kelebihannya kamu belajar bahasa asing lewat film. kita jadi bisa mengerti cara pengucapannya, sambungan kalimatnya, dan penekanan kata-katanya.

BACA NOVEL ATAU BUKU
heyy,, yang suka baca buku alias kutu buku, bosen belajar bahasa asing pake buku yang berjudul "belajar bahasa asing dengan mudah", kenapa kamu nggak beli novel bahasa inggris, atau spanyol, arab, misalnya.beli seri yang ada indonesianya. atau, kalau enggak kamu baja aja pelan-pelan terus artikan pakai kamus. lama-lama kamu akan bisa baja buku asing tanpa kamus lagi.



MAIN GAME
Kamu punya hobi main game online atau play station?. bisa kok sambil belajar bahasa asing. nah waktu tutorialnya, atau semacam ceritanya, kamu baca pelan-pelan. kalau nggak ngerti artinya, lihat kamus. jangan asal main.. dengan membaca cerita atau instruksinya, kita bakal lebih mengerti alur cerita permainannya dan bakal lebih cepat menyelesaikan misinya!. dijamin nggak ngebosenin deh belajar bahasa asingnya.

JEJARING SOSIAL
Kamu termasuk orang yang aktif di jejaring sosial?. bisa buat tempat belajar bahasa lhoo. caranya, kamu berteman atau nge-follow aja orang-orang luar negeri. baca statusnya, ajak chattingan.. terserah lahh.. pelan-pelan, kamu bakal lebih fasih menggunakan bahasa itu.

MENULIS
kamu yang hobi nulis, cara ini pas banget sama kamu!. kenapa kamu nggak mencoba menulis cerita atau artikel dalam bahasa asing?. cari sumber tulisannya bisa dari dalam negeri atau luar negeri. pertama, coba tulis versi bahasa indonesianya dulu, lalu, terjemahin deh... ke bahasa asing.

OBROL, CERITA, SHARING KE TEMAN-TEMAN
hobimu bicara?. kamu orang yang cerewet?. not problem! kamu biasakan ngomong pakai kosa kata bahasa asing sedikit-sedikit. mulailah dari kosakata yang mudah. mungkin awalnya dalam kalimat minimal ada satu lah yang berbahasa asing. ucapkan beberapa kata-kata simple buat awal-awal. selanjutnya, tingkatkan lagi hingga seluruh kalimat menggunakan bahasa asing. mungkin, kamu harus cari teman ngobrol yang mau diajak memakai bahasa. kamu bisa saja gabung ke grup bahasa atau jadi pengurus bahasa di sekolahmu. atau, ajak orangtua atau saudaramu yang lebih memahami bahasa tersebut untuk bercakap-cakap denganmu menggunakan bahasa.


friends,, ada banyak cara buat belajar bahasa. tapi, untuk benar-benar bisa menguasai bahasa asing, kamu harus giat berlatih dan pantang menyerah. kamu mungkin bisa minta bantuan guru untuk mempelajari tata bahasanya dulu. giatlah berlatih. pelan-pelan saja, yang penting rutin. mungkin pada awalnya bakal banyak orang yang bilang kamu sok pakai bahasa asing, itu bukan salahmu. justru mereka yang salah!. enjoy aja, tooh nanti siapa yang menanam pasti akan menuai hasilnya. jangan pantang semangat kalau nggak bisa-bisa. kegagalan buatlah jadi motivasi untuk maju. ok!

1 Komentar:

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates