Selasa, 23 April 2013

Aku tau ini sudah telat sehari. Tapi gak apa-apa kan, jika aku membahasnya?? Selamat Hari Bumi ya kawan-kawan semua!! Semoga beberapa tahun ke depan Bumi kita makin aman, sejuk, sejahtera, eyang subur, pokoknya gak kayak sekarang yang panas ini. Ayo kita tambal atmosfer kita xD *sarap. Ayo lakukan penghijauan!! kau sendiri juga malas kan lin?. Yasudah daripada kita bengong basa-basi gak jelas gini, Tengok yuk, mengapa tanggal 22 April dicetuskan sebagai hari Bumi?? Cekidott!!

Hari Bumi adalah hari yang ditujukan untuk mengembangkan apresiasi dari lingkungan bumi dan kesadaran akan isu-isu yang mengancam bumi itu sendiri. Hari Bumi adalah hari awal setiap tahun pada acara yang diadakan di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi 's lingkungan alam . Hari Bumi yang sekarang dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi , dan dirayakan di lebih dari 175 negara setiap tahun. Hari Bumi direncanakan untuk 22April di semua tahun setidaknya sampai tahun 2015.
Hari bumi diperingati pada tanggal 22 April setiap tahunnya dan merupakan perayaan tahunan tentang lingkungan Amerika Serikat. Ini adalah saatnya bagi Amerika untuk menilai masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk melindungi karunia alam yang ada di planet kita ini. Hari Bumi lahir di kota San Fransisco, California. Setiap tahun Amerika Serikat termasuk lebih dari 100 negara negara lain bergabung dalam perayaan Hari Bumi. Ini adalah yang terbesar, paling terkenal di seluruh dunia mengenai acara lingkungan hidup. Hari bumi adalah hari untuk diingat untuk menghargai alam dan belajar untuk melindungi lingkungan kita. Earth Day atau Hari Bumi jatuh setiap tanggal 22 April. Perayaan ini ditujukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat atas masalah lingkungan yang ada. Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere ( belahan Bumi utara ) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.
Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).
SEJARAH HARI BUMI 
Asal-usul Hari Bumi dikreditkan ke Gaylord Nelson, maka Senator AS dari Wisconsin, setelah menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran 1969 di Santa Barbara, California. Hari Bumi begitu sering dedengung dengungkan bahkan setiap tahun diperingati oleh segenap penduduk bumi. Sayangnya banyak yang tidak mengetahui asal mula hari bumi itu terjadi dan apa sebenarnya hakikat dari hari bumi selain dari seremonial pelaksanaannya. Tahukah Anda bahwa hari bumi pertama diperingati 30-an tahun lalu atau tepatnya tahun 1970 dan dilakukan pertamakali di negara Amerika. Hari bumi digagas pertamakali oleh Gaylord Nelson dia dalah seorang senator.Ide hari bumi ini dia cetuskan pertamakali pada saat pidatonya di Seatlle tahun 1969 tentang desakan untuk memasukkan isu-isu kontroversial, dalam hal ini lingkungan hidup, dalam kurikulum resmi perguruan tinggi mengikuti model teach in mengenai masalah anti perang. Gagasan Nelson mendapat dukungan yang mencengangkan dari masyarakat sipil.Dukungan ini terus membesar dan memuncak dengan menggelar peringatan HARI BUMI yang monumental. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta orang turun ke jalan pada 22 April 1970. Nelson menyebutkan fenomena ini sebagai ledakan akar rumput yang sangat mencengangkan' dimana : " Masyarakat umum sungguh peduli dan Hari Bumi menjadi kesempatan pertama sehingga mereka benar-benar dapat berpartisipasi dalam suatu demonstrasi yang meluas secara nasional, dan dengan itu menyempaikan pesan yang serius dan mantap kepada para politisi untuk bangkit dan berbuat sesuatu ".Senator Gaylord Nelson dari Wisconsin adalah pencetus pertama Hari Bumi. Ia memiliki keyakinan bisa menyatukan kekuatan gerakan lingkungan dan meningkatkan kesadaran ekologi. "Tujuannya adalah demonstrasi nasional atas kepedulian lingkungan. Gerakan ini sedemikian besarnya sehingga bisa menggoyahkan pendirian politik," kata Nelson saat itu. "Dan akhirnya (Hari Bumi) bisa memaksa isu (lingkungan) ini ke dalam agenda politik." Pada September 1969, dalam sebuah persidangan di Seattle, Washington, Senator A.S. Gaylord Nelson mengumumkan bahawa musim bunga 1970 akan diadakan demonstrasi dari akar umbi di seluruh negara bagi pembelaan terhadap alam sekitar. Senator Nelson pada mulanya mencadangkan bantahan alam sekitar di seluruh negara untuk menjadikan alam sekitar sebagai agenda negara. Katanya, "Ia satu pertaruhan, tetapi ia berjaya." Pada 22 April 1970 dikatakan hampir 20 juta rakyat Amerika Serikat memenuhi taman dan auditorium. Hari Bumi pertama menjadi pembuka jalan terbentuknya United States Environmental Protection Agency / US EPA. Gerakan ini memang akhirnya membuahkan hasil dengan didirikannya Agensi Perlindungan Lingkungan (EPA). Badan ini didirikan dengan tujuan sebagai regulator dan menerapkan undang-undang polusi di AS.
Menurut berbagai analisis ledakan ini muncul karena bergabungnya generasi pemrotes tahun 60-an (bagian terbesar adalah pelajar, mahasiswa, sarjana) yang terkenal sebagai motor gerakan anti-perang, pembela hak-hak sipil yang radikal. Sebuah perkawinan antara pemberontakan 60-an dan kesadaran lingkungan tahun 60-an. Hari Bumi yang pertam ini di Amerika Serikat merupakan klimaks perjuangan gerakan lingkungan hidup tahun 60-an untuk mendesak masuk isu lingkungan sebagai agenda tetap nasional.
Lima bulan sebelum Hari Bumi 22 April yang pertama, pada Ahad, 30 November 1969, The New York Times mengeluarkan rencana yang panjang oleh Gladwin Hill yang melaporkan peningkatan aktivitas mempertahankan alam sekitar. Perjuangan Gaylord Nelson bermula sekitar lebih dari 7 tahun sebelum Hari Bumi pertama dirayakan..
Setiap tahun, Hari Bumi 22 April menandakan ulang tahun kelahiran bagi gerakan alam sekitar moden pada 1970. Pada tahun 1990, peringatan Hari Bumi mulai berkembang secara global. Sekitar 200 juta orang dari 141 negara di dunia tergerak untuk mengangkat isu Bumi dalam skala global. Pada tahun 1990, peringatan Hari Bumi mulai berkembang secara global. Sekitar 200 juta orang dari 141 negara di dunia tergerak untuk mengangkat isu lingkungan dalam skala global. Hari Bumi 1990 pun menjadi titik tolak terlaksananya KTT Bumi 1992 di Rio de Janeiro.
Tahun 2000 Hari Bumi mendapat bantuan dengan adanya internet untuk menghubungkan para aktivis di seluruh dunia. Pada tanggal 22 April sekitar 5000 kelompok pemerhati lingkungan di seluruh dunia merangkul ratusan juta penduduk di 184 negara yang menjadi rekor baru untuk mengkampanyekan Hari Bumi. Berbagai kegiatan diselenggarakan secara bervariasi mulai dari rantaian suara genderang dari desa ke desa di Gabon, Afrika hingga ratusan ribu warga yang berkumpul di National Mall, Washington D.C., Amerika Serikat. Hari Bumi 2000 secara keras dan jelas menyerukan pesan bahwa penduduk dunia menginginkan tindakan yang cepat dan tegas untuk penggunaan energi yang bersih dan ramah lingkungan.
Di tahun 2008 ini, dalam rangka memperinganti Hari Bumi, tidak ada salahnya kalau manusia yang ada di bumi ini harus "santun" terhadap alam, bisa juga kelangsungan hidup umat manusia tergantung pada "kesantunan" kita pada alam, kita harus bisa membaca dan memahami isyaratnya. Pemanasan global dan kelangkaan pangan adalah salah satu isyarat bagi manusia agar kita "santun" terhadap alam, merawat bumi dengan cara memberi "nutrisi" pada bumi merupakan salah satu contohnya.
Kini peringatan Hari Bumi telah menjadi sebuah peristiwa global. Para pelaksana peringatan HARI BUMI menyatukan diri dalam jaringan global masyarakat sipil untuk Hari Bumi yakni EARTH DAY NETWORK yang berpusat di Seattle. Bila Hari Bumi '70 pertama paling tidak melibatkan 20 juta manusia di AS, Hari Bumi 1990 melibatkan 200 juta manusia di seluruh dunia, maka pada Hari Bumi 2000 diperkirakan terlibat 500 juta manusia di seluruh dunia dengan jargon "making history – making change".
Seiring berjalannya waktu, Hari Bumi makin populer di kalangan masyarakat dunia. Terbukti di perayaan ke-20 Hari Bumi pada 22 April 1990, lebih dari 200 juta orang dari 141 negara turut berpartisipasi. Masuk tahun 2000, di perayaan ke-30 Hari Bumi, peserta bertambah dari 183 negara di dunia.
"Hari Bumi secara konsisten diikuti sekitar satu miliar orang dari 192 negara tiap tahunnya," ujar Bryan Buchanan selaku juru bicara Earth Day Network, Jumat (20/2).
Di Indonesia, perayaan Hari Bumi sudah dibuka dengan penyelenggaraan Indonesia Climate Change Education Forum & Expo (ICCEFE), di Balai Sidang Jakarta Convention Center, mulai 19-22 April 2012. ICCEFE yang kedua kalinya ini mengambil tema Response to Climate Change.
Pemikiran Tentang Hari Bumi :Apakah kita benar-benar harus menghancurkan besok untuk hidup hari ini?"Gaylord Nelson
"Hari Bumi menandai awal dari usaha bersejarah yang melibatkan Amerika dari segala usia, filsafat, dan latar belakang dalam perjuangan penting untuk melindungi lingkungan kita dan kehidupan kita."Sen.William Proxmire, 1970
"Tujuan kami adalah etika baru Amerika yang menetapkan standar baru untuk kemajuan, menekankan martabat manusia dan kesejahteraan daripada parade tanpa akhir dari teknologi yang menghasilkan gadget yang lebih, lebih banyak sampah, banyak polusi. Apakah kita mampu memenuhi tantangan? Kami memiliki teknologi dan sumber daya. Apakah kita bersedia? Itu adalah pertanyaan yang tak terjawab. " Gaylord Nelson, April 22, 1970
"Jika kita memiliki hak yang lebih penting daripada hak-hak lainnya, itu adalah hak untuk hidup di lingkungan yang bersih dan layak." Gaylord Nelson, January 19, 1970
"Hari Bumi [1970] memiliki tujuan yang berbeda dari Bumi Minggu … Minggu Bumi adalah kesempatan setiap tahun ketika kita dapat mengambil inventarisasi kemajuan kami untuk tahun lalu dan untuk merencanakan berikutnya." Gaylord Nelson, April 7, 1971
"Seseorang tidak dapat gagal untuk melihat bahwa deforestasi, penipisan lapisan ozon, polusi laut, dan ancaman pemanasan global interkoneksi untuk menantang masa depan kita. " Kita tidak lagi menikmati kemewahan tindakan santai. " Pres. George HW Bush, January 1990
"Penyebab moral yang monumental adalah dekat tangan dan tantangan yang jauh lebih serius daripada Perang Dingin yang pernah ada. Ini perang melawan planet ini. Bagaimana kita membawa ke akhir dan di mana kita mulai? . Ini harus dimulai di Amerika Serikat. ." Kita tidak bisa dan tidak harus menunggu untuk seluruh dunia. " Gaylord Nelson, April 22, 1995
"Kekayaan bangsa adalah udara, air, tanah, hutan, mineral, sungai, danau, lautan, keindahan pemandangan, habitat satwa liar dan keanekaragaman hayati … Itulah seluruh ekonomi. " Ini sistem biologis adalah kekayaan mempertahankan dunia. " Gaylord Nelson, 1995
Setelah kita semua tahu dan mengerti apa itu hari bumi hendaklah kita bisa melakukan kegiatan peringata tersebut dengan lebih mementingkan esensi dan manfaat hari bumi itu terutama terhadap kelestarian lingkungan. dan tentu saja kita memiliki kewajiban untuk menyebarkan "virus" cinta lingkungan terhadap orang lain, yang salah satunya melalui moment hari bumi itu

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates