Kamis, 20 Juni 2013

Haii haii haii, apa kabar?? Lama banget yaa kita tidak berjumpa. Banyak banget yang mau aku ceritakan pada kalian semua. Salah satunya tentang lomba ini. Pasti banyak yang tahu tentang FLS2N ini. FLS2N kependekan dari Festival Lomba Seni Siswa Nasional. Kategori lombanya macam-macam. ada lomba cipta cerpen, cipta lagu, desain motif batik, cipta puisi, vokal grup, tari, tetembangan, tilawatil Al Qur'an, dan lain-lain.
Nah, tanggal 10 Mei kemarin, aku dan beberapa temanku berangkat ke Surabaya untuk mengikuti FLS2N ini di tingkat provinsi yaitu provinsi Jawa Timur. Dari sekolahku, SMPN 1 Pandaan mewakili kabupaten Pasuruan untuk kategori lomba cipta cerpen, cipta lagu, vokal grup, dan tetembangan. itu lho, memainkan alat musik tradisional Jawa.
Siapa saja mereka? Cipta cerpen tentunya aku! cipta lagu diwakili anak kelas 7C yaitu Keysha; vokal grup ada Tito dari kelas 8G, Levi dari kelas 8H (Ini teman sekelasku), Ami dari kelas 7C, Wulan dari kelas 8A, dan Putry dari kelas 8D; tim tetembangan ada Fani dari kelas 8I, Yoga dari kelas 7B, Kana dari 8F, Kelvin dari 8F, dan Ilham (otong) dari 8G. Kami semua berjuang demi sebuah kemenangan.
tetapi lokasi lombanya berbeda-beda.  Aku di Hotel Country Herritage Surabaya, Vokal grup di hotel Grandpark Surabaya, tetembangan di Hotel Utami Surabaya, dan cipta lagu di Hotel Tanjung Surabaya.

Jum'at, 10 Mei 2013 kami berangkat bersama-sama dari sekolah sekitar jam 09.00. Karena menjelang weekend, jalanan tentu saja macet. Baru sampai di lokasi masing-masing sekitar pukul 12.00. Oh ya, lokasi lomba cipta cerpen sebelumnya ada ralat lho. Di kertas yang berisi tempat lokasinya itu, tertulis di hotel V3 (Vimi, Vidi, Vici). Karena kabupatenku enggak tau kalau ada ralat alias enggak diberi tahu, ya... aku nyasar kesana. Hotel V3 tempatnya susah dicari pula. Kecil, nylempit gitu. Di sebelah pasar apaa gituu namanya, ada gang terus masuk. yaa ada di gang itu, di kanan jalan. Enggak strategis banget! Apalagi itu hotel baru, berkali-kali tanya enggak ada yang tau lokasi hotel itu. Untung aja, tanya yang terakhir kalinya di pasar itu, ketemu deh.
Ehh, udah susah-susah nyari hotelnya, kan langsung check in. Kata Panitia lombanya, lokasi lomba cipta cerpen dipindah! Langsung nge drop gw! Dipindah di hotel Country. dan, untung aja supir sekolahku belum pergi jauh, jadi langsung ditelpon guru pembimbingku yaitu Bu Anis buat nganterin pindahannya itu. Kalian tahu? Jarak antara hotel V3 dengan hotel Country itu jauuuhhh. Cuma bisa pasrahh ajaa.....



Akhirnya, sampai juga di hotel Country yaa yang tempatnya agak nylempit juga -__-. untung aja bener lokasinya di situ. Kalo sampai dipindah lagi, nge drop buangeett. Terus, langsung check in dan dapetin kamar nomor 35 twin room 2. Sampai di kamar, beresin barang-barang bawaan, istirahat bentar. terus keluar kamar nengokin kamar sebelah. Gw dapet kenalan! Dari twin room 1 yaitu dari Kabupaten Ngawi. Nama anaknya Tatik, guru pembimbingnya namanya Bu Peni (Kayak nama walas gw kls 7 -__-) yaaahh, kdua ortuku kan asalnya dari Ngawi, jadii lumayan tauulahh tempat" dan lokasinya di Ngawi. Ternyata mereka dari SMPN 1 Padas, Ngawi. Setelah minta nomor HP, aku sama Bu Anis balik ke kamar untuk ambil tas, dan beberapa barang dan bersama-sama Tatik dan Bu Peni turun untuk makan siang.

Sorenya, sekitar jam 15.00 ada teknikal meeting. Yaa, kayak diberi tahu peraturan-peraturannya lomba esoknya gituu. Seperti jumlah halaman, penulisan EYD harus benar, tema-nya, waktu lomba, dll. Technical Meeting sampai jam 17.00 setelah itu balik ke kamar untuk mandi dan beristirahat sejenak lalu makan malam. Setelah makan malam, aku latihan nulis untuk lomba esoknya. Enggak latihan sih, tapi bikin cerpen baru! Karena katanya cerpen harus baru dengan tema meningkatkan nilai nilai karakter anak bangsa berdasarkan kebudayaan yang tumbuh di masyarakat sekitar. Bisa dan boleh sih, pake cerpen yang kemarin di kabupaten. Cuma, aku enggak percaya diri :3
Malam itu juga, aku enggak bisa tidur karena mikirin tuh cerpen. Aku kalo ada kerjaan yang belum tuntas pasti stress gabisa tidur, wajah kelihatan pasrah, tegang, frustasi, begitulah...
Setelah berkutat dengan selembar kertas dan sebuah pena hitam, akhirnya jadi juga cerpennya!! Judulnya?? Hm.. kasih tau nggak ya??


Okelah, aku kasih tahu. Judulnya itu Lenggokan Jebbbing Paseseran artinya Lenggokan Gadis Pesisir.
Isinya?? Hmm yaa gituulahh.

Sabtu, 11 Mei 2013 aku bangun jam 04.00 -__- lalu mandi. dan ketahuilah airnya dingiiinn bangett. Jam 06.00 Sarapan bersama mereka lagi dan satu tetangga baru dari Jombang namanya Hana juga ikutan sarapan. Jam 07.30 masuk ke ruangan lomba dan lomba dimulai jam 08.00 - 12.00. Empat jam menggenggam pena itu rasanya kram, sakit, capek, sesuatu banget deh! -_-
Setelah itu, keluar ruangan untuk menunggu pengumuman bisa makan siang, santai-santai dan istirahat di kamar, packing untuk pulang. Dan ketahuilah menunggu pengumuman itu rasanya melelahkan sekali. bikin orang ngantuk. Selama nunggu pengumuman, aku sms-an sama temen-temenku lainnya. Mereka ternyata udah pengumuman. Cipta lagu dapat juara 3. Tetembangan enggak dapat juara :'( dan yang ini sangat mengejutkan! Vokal Grup juara 1!! Mereka berangkat ke Medan!! Ngeness banget, begitu jam udah nunjukkin angka 3 saatnya pengumuman. Dan gw enggak menang. karena cuma diambil 3 Juara aja. itu susah banget. Juara 1 judul cerpennya Air Untuk Emak lupa dari mana, Juara 2 lupa darimana dan judul cerpennya apa karena susah banget. Juara 3 judul cerpennya Misteri Seblang. Seingetku pemenangnya dari Ponorogo, Banyuwangi dan Bondowoso. Aku pulang dengan tangan hampa. Hmm, enggak hampa juga sih soalnya dapet uang pembinaan xD
Cuma nahan nangis waktu ketemu temen-temen yang vokal grup itu sakit sekali. Yahh enggak apa-apalah. Mungkin saja belum rezekiku. Aku udah bisa mewakili kabupaten untuk ke tingkat Provinsi aja udah bersyukur banget. Hal yang paling indah ialah pengalaman yang terus disimpan pada memori abadi yaitu otak. Punya temen baru, dan referensi ide baru itu sudah sangat beruntung.


Daaann, tanggal 14 Juni 2013 kemarin, temen-temen vokal grup berangkat ke Medan. Pembinaan dulu sih 2 hari di Surabaya baru terbang ke Medan. Alhamdulillah, kata Levi kemarin, hari ini tim vokal grup masuk ke tingkat final setelah diseleksi dari 33 provinsi jadi 12 provinsi. dan Provinsi Jawa Timur masuk final!! Seneeeeeng banget dengernya. Semoga aja, hari ini mereka sukses dan pulang ke Pandaan dengan membawa piala kemenangan. Amiinn. Good Luck ya kawan! ^_^

3 Komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

haii. aku anak fls2n cerpen 2013 dari ponorogo ;)

REPLY

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates