Rabu, 26 Agustus 2015

Kata ini pasti tidak asing lagi terdengar terutama di kalangan anak muda yang hobi begadang. Begadang itu apa sih? Begadang itu makanan apa? Nih, udah aku cari dari sumber terpercaya yang menyatakan arti kata 'BEGADANG'. Begadang adalah berjaga tidak tidur sampai larut malam. Kalo bahasanya Alin sih jadi manusia nocturnal. Kalo malem melek, kalo menjelang pagi tidur.
Siapapun dari kita pasti pernah begadang. Entah itu karena terpaksa tugas numpuk ga kelar-kelar, emang punya penyakit insom, atau emang sengaja begadang dengan niat tertentu (baca: stalking) *ehh.

Begadang untuk hal-hal terpaksa boleh sih, tapi jangan sering-sering, Emang ada yang namanya terpaksa itu sering? Itu mah namanya sengaja. Tugas gak segera diselesaiin yang akhirnya esoknya hari H semalem ngebut deh. Itu tidak baik ya.

Malam minggu pasti momen paling sering dibuat begadang. Para jomblo nih umumnya. Entah apa yang mereka kerjakan. Stalking, emang nyari sesuatu, baca novel i don't know. Yang jelas, kalo malem minggu pasti yang online banyak buanget apalagi menjelang tengah malam. Pernah nyoba begadang sih *Pernah apa sering Lin?* . Kadang tuh suka ketawa sendiri juga kalo ngelihat statusnya orang-orang yang mengatakan "Begadang" "Insom akut" "Padahal udah jam segini masih aja belum tidur #Begadang" "Sebenernya nggak boleh begadang tapi tetep aja begadang" "Kenapa nggak bisa tidur ya". Pengin gitu rasanya jawab satu-satu cuma entar dikira ngrusuh. Yang pertama it's okelah ga masalah. Yang kedua, Insom akut? Emang iya? Paling bikin statusnya baru jam 10 ga lama kemudian juga ketiduran gitu dibilang insom akut. Yang ketiga dan empat aku gabung ya. Begini, satu hal yang perlu kalian ketahui. BEGADANG BUKANLAH SEBUAH PRESTASI YANG PERLU DIKETAHUI BANYAK ORANG. Ingat itu. Kenapa nggak tidur ajaaa daripada ga ada kerjaan. Yang terakhir, Kenapa nggak bisa tidur? Lha situ masih aja melek. Kalo pengen bisa tidur segera log out dari sosmed matikan HP dan merem.



Kenapa begadang itu tidak baik? Bang Haji aja udah nyanyiin Begadang jangan begadang kalau tiada artinya.. begadang boleh saja aaaahhh... kalau ada perlunya. Eh, bener nggak sih liriknya.
Begini ya, begadang itu kan pasti kurang tidur dan pasti tidurnya kurang dari 6 jam. Sedangkan kita harus tidur cukup. Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur. Tidur akan merileksasikan pikiran Anda. Sehingga ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antara tujuh sampai delapan jam sehari. Orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap harinya beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke. Kebiasaan begadang tentu saja berakibat negatif. Pada saat tidur, tubuh kita membuang semua racun (toxin) dari dalam tubuh. Proses tersebut membutuhkan tubuh dalam keadaan rileks yaitu pada saat kita tidur. Organ tubuh yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh adalah hati. Jika Anda begadang, berarti Anda mencegah hati melakukan fungsinya yaitu membersihkan racun dalam tubuh. Oleh sebab itu bahaya begadang adalah merusak kerja organ hati. Selain itu, bagian organ tubuh yang bisa mendapat implikasi bahaya begadang adalah kelenjar getah bening, kandung kemih, usus, paru-paru, dan orang-organ tubuh yang lain.

Hii ngeri kan. Apalagi begadang punya efek negatif seperti:
1. Muka pucat dan lingkaran hitam dibawah mata
2. Pusing dan susah konsentrasi
3. Daya tahan menurun
4. Pola makan tidak teratur
5. Mudah mengantuk
6. Stress dan depresi
7. Mudah marah
8. Gelisah
9. Pelupa
Dan memiliki resiko penyakit jangka panjang seperti:
1. Hipertensi
2. Penyakit Jantung
3. Resiko Stroke
4. Diabetes
5. Obesitas
6. Alzheimer
7. Kardiovaskuler
Nah... udah jelas kan kalo Begadang itu BERBAHAYA. Lebih banyak kerugiannya daripada keuntungannya. Jadi intinya, kalau kalian mendapatkan suatu pekerjaan segeralah selesaikan, jangan begadang kalau tidak ada gunanya, jangan paksain tubuh kalau udah nggak kuat, kasian tuh tubuhnya untuk jangka panjang. Ingat, Begadang bukanlah sebuah prestasi yang penting disebarkan di sosial media. Salam! ^_^

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates