Jumat, 08 September 2017

Waktu pun terus berlalu hingga tiba saatnya pendaftaran YTB dibuka. Untuk S2 dan S3 tahun ini dibuka sekitar pertengahan bulan Januari - pertengahan bulan Februari. Sedangkan untuk S1 dibuka sekitar bulan Maret. Aku pun segera mengakses web YTB (http://turkiyeburslari.gov.tr) untuk membuat akun. Jika ada sedikit kesulitan mencari link untuk membuat akun, bisa langsung mengakses di http://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr

Setelah akun berhasil dibuat, akan muncul tampilan seperti ini:
(Tampilan Student Application)

Lengkapilah dulu berkas-berkas yang ada di menu sebelah kiri (Personal Information, Family Information, Contact Info, Education Information, Language Details, Work Experience (optional), Academic Qualification (optional), Social Activities, Turkiye Experience)

1. Personal Information

Di bagian ini kalian diwajibkan mengisi data diri kalian seputar gender, marrital status, date of birth, nationality, country of birth, city of birth, type of your ID (NIK/ Passport), ID Number (Jika belum memiliki KTP, NIK dapat dilihat pada KK atau dapat menggunakan nomor passport), Identification Card (Upload scan KTP/Passport/KK), Other citizenship, Religion, Disability status. Jangan lupa juga untuk melengkapi foto diri kalian (foto harus jelas dan tampak depan, rapi, tidak selfie :v)

2. Family Information

Selanjutnya di bagian ini kalian diwajibkan mengisi data diri orang tua yaitu mother's name, father's name, occupation, name of the institution/company, title/position, number of siblings, marrital status (saudara), total monthly income (gaji orang tua perbulan).


3. Contact Info (Current)

Pada bagian ini berisi country, city, postal code, contact address (current), mobile phone, phone (home), how long you have been living on this address, social media. Saran, jika kalian tidak memiliki telepon rumah, untuk bagian phone (home) diisi nomor HP orang tua saja.

4. Education Information

Isilah pada bagian pendidikan terakhir kalian. Jika hendak mendaftar S1 tentu saja isi pada bagian high school.
Education Information

Isilah data tentang sekolah kalian seperti country, city, school, educational stage, high school type (SMA/SMK/MA), major field of your education (IPA/IPS/Bahasa/Umum), status (Jika masih kelas 12 dan akan mengikuti ujian pilih 'continues'), start date (tanggal masuk sekolah di kelas 10), estimated graduation date (ngarang aja kira-kira akhir mei), grade type (nilai kalian menggunakan range IP/1-10/1-100/dll), grade (nilai rata-rata transkrip semester 1-5), grade decimal, upload file pdf transkrip berbahasa inggris yang ditanda tangani kepala sekolah. FYI, aku anak IPA tapi karena aku mau milih jurusan sosial, major field-ku diisi umum (karena pada saat itu aku mengantisipasi pertanyaan aneh-aneh kalau wawancara, seperti "kamu kan anak IPA, nilaimu juga lumayan, kenapa tidak milih jurusan yang berhubungan dengan IPA?" :v). Untuk yang masih bingung dengan grade dan grade decimal, misal : nilai rata-rata akhir kalian 87,35. Grade diisi 87 dan grade decimal diisi 35. Untuk yang masih bingung dengan format transkrip nilainya, bisa komen dibawah atau e-mail ke alinda.sidarta@gmail.com. Oh iya, ada yang kelupaan. Kalau kalian pernah meraih peringkat siswa terbaik atau rangking paralel dan ada bukti sertifikatnya, hasil scan sertifikatnya bisa diupload juga di bagian ini.

5. Language Details

Berisi native language, other language skills (jika kalian bisa bahasa lain selain bahasa Indonesia. Misal: Bahasa Daerah, Inggris, Arab, Jeman, Perancis, Mandarin, dll. Tuliskan juga tingkat kemahiran kalian dalam bahasa tersebut), dan yang terakhir turkish language skills (Kalau belum bisa pilih saja 'no').

6. Work Experience

Bagian ini tidak wajib diisi. Jika kalian pernah bekerja/magang bisa disertakan data kerja/magang kalian. Upload juga CV kalian sebagai bukti.

7. Academic Qualification

Bagian ini juga tidak wajib diisi. Jika kalian nantinya akan memilih kelas yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, kalian diwajibkan mengisi bagian ini dengan mengupload sertifikat TOEFL/IELTS/SAT/GRE/GMAT/ALES kalian. Namun, jika kalian ingin memilih kelas yang menggunakan bahasa Turki dan kalian mempunyai sertifikat di atas, ada baiknya dilampirkan saja :)

8. Social Activities

Bagian ini merupakan bagian terpenting untuk penilaian beasiswa YTB. Di bagian ini kalian menyebutkan prestasi-prestasi kalian, voluntary activities/ kegiatan kepanitiaan, hobbies. FYI, untuk kolom prestasi dibagi menjadi Award, Certificate, dan Project. Lalu apa bedanya? Kalau aku sih, untuk bagian Award aku upload sertifikat yang nilainya tinggi (sertif juara/sertif penghargaan/kegiatan nasional), bagian Certificate aku upload sertifikat biasa, dan Project aku upload cover/scan karya-karyaku. Kelebihan beasiswa YTB ini tidak memberikan batasan berapa jumlah minimal dan maksimal sertifikat yang harus kita upload. Berapapun jumlah sertifikat yang kalian punya, upload saja. Aku kemarin juga upload sertifikat mulai SD kok :v. Jadi, sebelum kalian ngisi bagian social activities, pastikan kalian sudah men-scan semua sertifikat kalian. 

9. Turkiye Experience

Bagian ini berisi kuisioner apakah kalian pernah tinggal di Turki, apakah pernah menerima beasiswa di Turki, apakah punya saudara di Turki, dan darimana kalian mengetahui beasiswa YTB ini.

Kalau semua form sudah diisi, kalian bisa langsung melanjutkan ke bagian My Applications untuk memilih jurusan dan universitas, mengisi LOI, dan upload surat rekomendasi.
1. Memilih jurusan dan universitas. Kalian diberikan 12 pilihan universitas, dengan 6 pilihan di 3 kota besar yaitu Istanbul, Ankara, dan Izmir. Dan 6 pilihan lainnya tentu saja di kota kecil. Kalian juga dibebaskan memilih beberapa jurusan. Namun disarankan memilih jurusan yang saling berkaitan agar tidak kesulitan dalam penulisan LOI. Kalau aku kemarin hanya memilih jurusan Jurnalistik di 5 universitas. Sebenernya juga mau milih Radio, television, film atau media communication, tapi males mikir LOI yang belibet, meskipun ketiga jurusan itu masih saling berkaitan :v. Ya, alasan lain karena pada saat itu aku habis membaca lowongan kerja di VOA dan mencari lulusan S1 Jurnalistik. Wkwk, that's my another dream.
My Preferences

2. Mengisi LOI. Seperti yang sudah dijelaskan di postinganku sebelumnya, penulisan LOI untuk beasiswa YTB maksimal 250 karakter (karakter lho guys, bukan kata. Yep, berasa ngetweet :3). Aku nggak mau jelasin panjang di sini karena akan aku buatkan tips LOI exclusive di next episode.

3. Upload surat rekomendasi. Bisa dari guru atau kepala sekolah kalian. Kalau orang yang bersangkutan sedang repot, kalian buat sendiri saja surat rekomendasinya, contoh di google banyak. Lalu minta tanda tangan dan cap dari sekolah. Emang boleh ya? Boleh-boleh saja, aku kemarin juga seperti itu dan tidak ada masalah. 

Sekian episode Turkiye Burslari Scholarship : Seleksi Berkas. Pesan terakhir, belajarlah bahasa Inggris sedikit-sedikit agar memudahkan kalian dalam pengisian berkas terutama saat menjelaskan sertifikat kalian. Tidak perlu khawatir grammar yang buruk, yang penting jika orang membaca akan paham maksudnya. Atau kalian bisa meminta bantuan dari Grammarly, E-angel atau Proofreading yang ada di internet (online / download aplikasi). See you next episode! ^^

4 Komentar

mau nanya nih soal transkip nilai, pas searching katanya itu dikasihnya pas udah lulus sekalian dikasih sama ijazah kelulusannya. sedangkan kalo misalnya saya belum lulus itu gimana yah ngisinya??

REPLY

kalo transkip nilai belum keluar alias kita belum lulus gimana ya?

REPLY

Halo kak, Kalau boleh saya bertanya kak, saya kan dari MAN dan jurusan saya ipa. Lalu dari tutorial pendaftaran yang saya lihat, kalau MAN itu high school type nya religious high school lalu area/major nya religion. Jadi sebaiknya yang saya pilih apa kak?

REPLY

halo kak, untuk cvnya bisakah di beri contoh seperti apa ? terimakasih

REPLY

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates