Jumat, 08 September 2017

Seperti yang sudah aku janjikan di episode sebelumnya, kali ini aku akan memberikan tips-tips dalam pembuatan LOI.

LOI YTB untuk S1 tahun ini hanya berisi 3 pertanyaan yang harus ditulis dalam 250 karakter. Kalau untuk S2 dan S3 sepertinya 4-5 pertanyaan. Dan berikut pertanyaannya beserta pengalaman LOI versiku :v
1. Please explain your expectations from the higher education in Turkey and your plans for after graduation.
Bagian ini aku menjelaskan kelebihan Turki dari sisi linear dengan cita-cita dan harapanku setelah lulus. Jangan menuliskan bahwa kalian akan tetap stay di Turki dan bekerja di sana, namun tuliskan apa yang akan kalian persembahkan untuk Indonesia.

2. Please indicate why you have chosen Turkey for higher education.
Tuliskan kelebihan Turki yang akan membantumu melanjutkan studi lebih mudah. Jangan tulis yang mainstream seperti Turki terletak di antara 2 benua sehingga membuatku belajar lebih banyak tidak hanya akademik tapi juga culture, bla bla bla. Ya gapapa sih mau tulis seperti itu, tapi ini mainstream banget. Karena LOI-mu menentukan nasib seleksimu. Buatlah yang berbeda agar menjadi nilai plus bagi penyeleksi. Oleh karena itu, galilah informasi tentang Turki lebih dalam. Misal kalian ingin masuk jurusan pertanian, carilah informasi tentang pertanian di Turki, sawah di Turki, bandingkan dengan keadaan di Indonesia.  

3. Please indicate why you have chosen these particular departments and your knowledge about these departments.
Tuliskan alasan-alasan kalian kenapa kalian lebih memilih jurusan tersebut dibandingkan jurusan-jurusan yang lain. Tunjukkan bahwa kalian memahami seluk beluk jurusan tersebut. Jangan sampai kalian memilih jurusan A tapi kalian nggak tahu yang bakal dipelajari apa, prospek kedepannya bagaimana, dsb.

Kuncinya banyak-banyaklah membaca. Tidak hanya membaca tentang Turki tapi juga membaca contoh LOI. Banyak banget di blog pribadi yang menceritakan LOI-nya. Blognya mbak Evi (http://sakuraromawitimur.blogspot.co.id/) paling membantuku waktu itu. Untungnya kakak-kakak PPI Turki juga memberikan tips dan contoh LOI-nya dulu untuk referensi. Ingat! Referensi ya guys bukan untuk dijiplak.
Ini contoh LOI punyaku kemarin hasil latihan berbulan-bulan (wkwk :v) yang alhamdulillah membawaku lolos seleksi berkas dan masuk ke tahap selanjutnya yaitu seleksi wawancara. (Maafkan bahasa Inggrisku yang acak-acakan).

Selamat berlatih menulis LOI kawan-kawan, dan selamat berjuang! Jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut bisa komen di bawah. Kutunggu kabar baik kalian tahun depan. ^^

1 Komentar:

Terima kasih banyak, tips yang singkat tapi sangat cukup untuk dipelajari!<3

REPLY

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates