Jumat, 25 September 2020

Day 13: Favourite Book

(Baca: Challenge day 12)

Aku ingin membahas buku yang pernah kubaca. Bukan favorit sih, karena aku bukan tipe orang yang terlalu menyukai sesuatu. Aku jarang sekali membaca suatu buku lebih dari sekali. Setelah selesai membacanya aku akan membaca buku yang lain, jadinya ingatan tentang isi buku tersebut mudah terlupa. Akhir tahun lalu aku sempat mengalami mood-swing berkepanjangan dan merasa bahwa mentalku sedang tidak baik-baik saja. Kebetulan sekali aku menemukan postingan di instagramnya Riliv tentang rekomendasi buku yang membahas kesehatan mental. Aku pun segera mencarinya di ipusnas. Sayangnya aku hanya menemukan 2 dari 5 buku yang direkomendasikan.

Buku pertama yang kubaca berjudul A untuk Amanda karya Annisa Ihsani. Menceritakan tentang Amanda yang mengalami depresi. Penyebabnya hanya satu, ia mendapatkan satu nilai bukan A dan itu menghancurkan hidup Amanda, dan Sang ibu selalu marah karena hal ini. Sejak dini, kesempurnaan sudah menjadi atribut yang harus dipakai oleh Amanda. Jalan ceritanya menarik, aku pun belajar istilah-istilah baru dalam psikologi namun mungkin karena saat itu aku juga tengah depresi, membaca buku ini membuat jiwa dan mentalku semakin buruk. Pikiran-pikiran negatif dan overthinking yang dialami Amanda seakan ikut merasuk ke dalam pikiranku. Bukunya recommended banget buat orang-orang yang agak ambi dan perfeksionis.

Buku kedua yaitu Gelombang Lautan Jiwa (Anta Samsara). Merupakan buku catatan perjalanan penulis sebagai seorang yang mengalami skizofrenia. Anta Samsara, menuliskan kisah nyata saat dirinya berusaha lepas dari stigma dan cerita batinnya. Ia bangkit dan mencoba meraih kemenangan jiwa. Buku ini sangat kurekomendasikan untuk dibaca. Karena merupakan buku memoar, setiap kisahnya dijelaskan dengan sangat detail bahkan mulai ia lahir hingga dewasa. Minimnya pengetahuan lingkungan sekitar tentang skizofrenia ketika ia remaja membuat dirinya berjuang sangat keras melawan derita batinnya. Karena aku hanya menemukan 2 dari 5 buku, Gelombang Lautan Jiwa masih menjadi yang terbaik dalam kategori buku kesehatan mental menurutku.

Untuk saat ini, sembari mencari 3 buku yang tersisa, aku sedang menghabiskan buku karya Risa Saraswati. Kalau kalian, apa buku favoritnya? Yuk berbagi di kolom komentar. 

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates