Selasa, 06 Oktober 2020

Day 24: Write about a lesson you've learned

sumber: unsplash

"Ikhlas itu apa? Ikhlas itu kayak gimana?" pertanyaan itu menjadi pertanyaan terbesar dalam hidupku beberapa tahun silam. Ada yang bilang, definisi ikhlas itu dari hati bukan dari lisan. Hanya hati kita sendiri yang tahu bagaimana rasa ikhlas itu. Aku nggak tahu, apakah aku bisa ikhlas. Aku tipe orang yang susah sekali mendeskripsikan apa yang kurasa. Rasanya seperti orang yang mati rasa. Harusnya tulisan ini menceritakan tentang suatu pelajaran yang sudah kupelajari. Tapi, ikhlas ini masih kupelajari hingga detik ini.

Aku bisa saja lupa, tapi jika suatu saat teringat lagi, aku masih bisa merasakan dengan jelas apa yang kurasa saat mengalami peristiwa apapun itu. Apakah itu ikhlas? Aku tak yakin. Ikhlas menjadi pelajaran dan ujian hidup yang sepertinya tak pernah berhasil kulalui. Aku tak lulus dalam ujian ikhlas. Apalagi jika kupikir-pikir, ikhlas ini banyak konteksnya, ujian ikhlas bermacam-macam jenisnya. Aku mungkin bisa ikhlas di satu hal, tapi susah di lain hal. Menjadi beban di pikiran selama bertahun-tahun dan buruknya merubah prinsip dan tujuan hidupku.

Tiap kali aku berada di titik terbawah, papa selalu memberiku wejangan untuk sabar dan ikhlas. Dan aku selalu menghela napas panjang setiap kali mendengar perintah untuk ikhlas. Rasanya seperti tak ada habisnya ujian ikhlas ini. Baru saja selesai ujian ikhlas yang kemarin sudah harus ujian ikhlas yang lain. Tapi papa selalu bilang, namanya naik kelas pasti ujiannya lebih susah. Mana ada soal ujian kelas 5 lebih mudah dari soal ujian kelas 4. Hmm benar juga sih.

Ikhlas menjadi pelajaran tersulit semenjak aku mengetahui kerasnya kehidupan dan rahasia takdir. Aku dulunya orang yang sangat idealis dan keras kepala, hingga akhirnya kenyataan memutar balikkan hidupku. Lambat laun, aku belajar untuk menjadi orang yang realistis dan pasrah pada takdir. Sekeras apapun kita berusaha, jika bukan takdirnya kita bisa apa :) Aku tahu, ikhlas adalah kunci dari segalanya. Dan aku juga tahu, itu akan menjadi pelajaran dan PR terbesar untukku entah sampai kapan. Kalau menurutmu, ikhlas itu apa?

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates