Kamis, 07 Januari 2021

Mencari penghasilan di zaman serba canggih seperti sekarang ini bisa dibilang semakin mudah. Kita hanya perlu meningkatkan kemampuan dan kreativitas lalu menyalurkannya lewat hobi atau kegiatan yang kita senangi. Salah satunya lewat blog. Blog tidak hanya sebagai tempat menulis tetapi juga menjadi tempat kalian menghasilkan uang. Kalian bisa mendapatkan penghasilan dari blog dengan berbagai cara mulai dari Google AdSense hingga berjualan produk digital.

Di artikel pertama tahun 2021 ini aku ingin sedikit berbagi ilmu yang aku dapatkan dari rangkaian webinar blogger bulan September lalu yaitu peluang penghasilan dari blog yang disampaikan oleh Mbak Indriyas Wahyuni. Bagaimana sih cara memaksimalkan blog? Blog yang berkualitas seperti apa sih? Peluang penghasilan dari blog itu apa saja? Buat kalian yang penasaran, selengkapnya bisa kalian baca di artikel ini.

Peluang Penghasilan dari Blog

Sebelum kita menelaah cara memaksimalkan blog, kita cari tahu dulu yuk penghasilan dari blog itu dalam bentuk apa saja sih?

1. Iklan

Cara ini yang paling umum dilakukan oleh para blogger. Maksud dari memasang iklan di sini bisa berupa Google AdSense, menyewakan space iklan di blog, atau menerima konten placement/sponsor post.

2. Afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama. Singkatnya, mendapatkan komisi dengan cara menjual produk atau jasa dari pihak/orang lain. Contohnya afiliasi domain + hosting.

3. Menjual Service atau Jasa

Jika kalian memiliki keahlian tertentu kalian bisa menggunakan blog sebagai tempat menawarkan jasa kalian. Misalnya web design, virtual assistant, content writer, penerjemah (translator), mentoring, consultation, finance planner, dan lain sebagainya.

4. Menjual Produk

Kalian juga bisa menjual produk hasil kreasi sendiri. Produk bisa berupa barang fisik (ada pengiriman barang) atau produk digital (melalui unduhan/download); contohnya e-book, membership dan online course.

Monetized

Setelah mengetahui bagaimana cara memperoleh penghasilan dari blog, selanjutnya mari kita belajar cara memaksimalkan berbagai peluang tersebut.

1. Tentukan Audiens

Hal yang paling mendasar adalah menentukan audiens blog kita. Tujuannya untuk siapa dan rentang usia berapa. Dengan membentuk audiens, kita akan lebih mudah menentukan cara bagaimana kita akan menghasilkan dari blog.

2. Tentukan Niche

Setelah menentukan audiens hal yang tak kalah penting yaitu menentukan niche blog. Apakah blog kita bertema parenting, beauty, lifestyle, travelling, finance, dll. Misalkan aku sekarang, karena rasanya tak mungkin mengubah niche blog yang sebelumnya sangat beragam menjadi satu niche khusus, jadi sepertinya akan lebih aku batasi hanya 3 tema yaitu tentang Turki, self-development dan menulis (termasuk tentang dunia blogging).

3. Tentukan Konten

Menentukan konten dalam artian tidak hanya berupa tulisan atau artikel saja tetapi juga bisa berupa foto dan video pendukung.

4. Bangun Personal Branding

Membangun personal branding yang baik akan memudahkan pihak lain atau brand lain untuk bekerja sama dengan kita.

5. Bangun Networking

Semakin besar dan semakin luas networking yang kita punya, peluang tentunya akan semakin besar. Coba ikut, gabung dan berperan aktiflah di berbagai komunitas yang kalian minati.

6. Help Others

Apabila memungkinkan coba tawarkan free mentorship atau yang paling sederhana dengan mengapresiasi tulisan/artikel orang lain dengan komentar positif dan saling share.

7. Konten yang Bermanfaat

Dalam dunia blogging, content is the king. Tak perlu terlalu mengkhawatirkan cara menaikkan DA/PA, page view, cara agar artikel kita tampil di halaman pertama Google, dll. Asalkan konten kita bermanfaat bagi orang lain, visitor pasti akan bertambah secara organik dan alami.

8. Kolaborasi

Salah satu cara meningkatkan peluang penghasilan yaitu dengan berkolaborasi. Misalnya saling guest posting, bergantian menjadi narasumber webinar, dsb. Ingat, berkolaborasi ya bukan bersaing hehe.

9. Technical Skill

Tampilan blog yang enak dipandang, user friendly, mudah diingat visitor, tidak ramai dengan elemen yang tidak perlu memang membutuhkan sedikit pengetahuan teknis. Tidak ada ruginya untuk mempelajari pengetahuan teknis seperti ini. Dijamin pasti akan bermanfaat banget.

10. Menentukan Target Pendapatan

Saat kita memiliki target ingin berpenghasilan berapa dari blog, otak kita pasti akan langsung berpikir bagaimana cara memenuhi target tersebut.

11. Personal dan Blog Development

Jangan lupa untuk selalu memperbaiki dan mempelajari hal-hal atau ilmu baru yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun blog kita.

12. Contact, Laman Kerja Sama, Rate Card

Jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang mudah dihubungi, selalu mengupdate laman kerja sama, juga menetapkan rate card (tarif/bayaran kerja) yang masuk akal tentunya.

13. Selalu Konsisten

Last but not least, kita harus selalu konsisten. Semua butuh waktu dan usaha. Belajar untuk sabar dan berproses, karena hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha.

Semoga bermanfaat.

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates