Minggu, 31 Januari 2021

Sebelumnya kita telah membahas cara mencari penghasilan lewat blog. Nah, kali ini aku akan kembali berbagi informasi seputar blogging yaitu bagaimana sih cara memperbesar peluang kita mendapat job dari blog? Materi ini merupakan materi yang disampaikan oleh Mbak Widyanti Yuliandari dalam rangkaian webinar IIDN yang aku rangkum dan tulis ulang.

Mendapatkan peluang job blog sepertinya idaman semua blogger pemula termasuk diriku sendiri. Siapa sih yang nggak pengen hobinya bisa menghasilkan pundi-pundi cuan. Sebelum kita belajar lebih dalam strategi memperbesar peluang, kita kenali dulu yuk lingkup job blog itu apa saja sih? Berikut beberapa sponsored post blog yang paling umum:

- Review

Kita bisa memberikan pendapat atau review kita atas suatu barang. Istilahnya anak zaman sekarang sih endorse. Bagi blogger pemula, kita bisa kok mulai review beberapa barang yang sudah kita gunakan dan sesuai dengan niche blog kita. Bisa tentang produk fashion, gadget atau elektronik, dsb. Siapa tahu suatu saat ada brand yang tertarik untuk kerja sama dengan kita.

- Content Placement

Content placement ini menurutku paling memudahkan kita. Karena secara gamblangnya brand/klien menumpang iklan di laman blog kita. Mereka juga sudah menyiapkan draft tulisan dan nantinya bisa langsung kita upload atau dengan sedikit perubahan disesuaikan ciri khas penulisan blog kita.

- Penyelenggaraan Giveaway

Salah satu cara mempromosikan sebuah brand atau produk yaitu dengan cara mengadakan giveaway. Beberapa brand akan mengajak kolaborasi para influencer atau blogger dalam kegiatan giveaway tersebut. Aku pernah membaca tulisan blog yang termasuk dalam sponsored post blog giveaway ini. Biasanya sih dimulai dari blogger yang memberikan review terhadap produk tersebut lalu diakhiri dengan info giveaway.

Selanjutnya kita akan mempelajari bagian pentingnya yaitu kriteria umum blog dan blogger yang banyak dicari serta strategi mendapatkan peluang job blog.

1. Konten

Selalu ingat bahwa content is the king. Konten yang menarik, bermanfaat dan banyak dibutuhkan orang pasti lebih ramai dikunjungi. Ciri khas kita dalam menulis juga menjadi pertimbangan brand untuk mengajak kita berkolaborasi. 

2. Tampilan

Tampilan yang dimaksud di sini adalah tampilan blog kita. Pastinya harus rapi, clean (paling aman), nyaman di mata (latar tidak gelap) serta jenis dan ukuran font mudah dibaca. Oh ya soal jenis dan ukuran font ini boleh dong minta tanggapan dari teman-teman apakah font di blogku ini mudah dibaca atau tidak (misal ukuran terlalu kecil dsb), aku tunggu tanggapannya via email atau sosmed pribadiku ya.

3. Traffic

Sebuah brand pasti akan mencari blogger yang memiliki traffic yang cukup tinggi. Sama halnya dengan di instagram, rata-rata mencari akun yang memiliki followers minimal 1k. Kalau di blog, biasanya traffic akan meningkat dengan sendirinya dan berbanding lurus dengan kualitas konten. Tapi hal ini tidak selalu atau tidak mutlak kok. Kita bisa meningkatkan traffic dengan cara secara teratur share link di sosmed (tapi jangan berlebihan/spamming), beri pengantar yang menarik dan jika share di grup komunitas pastikan ikuti rules yang ada. Serta mempelajari dan menerapkan SEO.

4. Parameter Lain

Beberapa parameter blog lainnya berhubungan pula dengan kualitas konten seperti frekuensi posting yang juga diyakini berhubungan dengan sejumlah parameter blog dan menggunakan Top Level Domain. 

5. Optimasi Media Sosial

Secara bertahap kita optimalkan juga medsos kita. Tidak perlu langsung semuanya, satu atau dua dulu saja. Misal, instagram dan twitter. Beri perhatian pada jumlah follower dan mulai dengan follow teman-teman satu komunitas. Berinteraksilah secara wajar. Sesekali boleh IG walking atau socmed walking asal tidak menyita waktu. Yang paling penting sih buat konten yang menarik dan bermanfaat.

6. Networking

Ikuti dan aktif di beberapa komunitas blogger, berinteraksi secara wajar dan terapkan prinsip take and give. Jangan gabung ke komunitas dengan harapan dan tujuan utama mencari job. Sesekali blogwalking di blog teman-teman dan jika memungkinkan berikan respon atau komentar yang relevan.

7. Attitude 

Setelah mendapatkan penawaran job blog, perhatikan etika dalam beremail, komentar atau berkirim pesan. Jaga postingan sosmed kita agar selalu positif dan bermanfaat. Baca dan pahami dengan baik brief yang telah diberikan brand. Jangan lupakan kalimat sakral yaitu "terima kasih dan maaf". Serta, dapat menjaga kerahasiaan project.

Di mana kita bisa mendapatkan info peluang job?

Ada yang mengatakan bahwa rezeki sudah diatur oleh Tuhan, tapi kita tetap harus mengusahakannya kan? Lalu dari mana kita bisa mendapatkan info peluang job blog itu? Pertama, melalui komunitas blogger/penulis. Kedua, dari platform khusus blogger atau influencer seperti Sociabuzz atau Hiip Asia.

Semoga bermanfaat.

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates