Minggu, 07 Februari 2021

Dengan berkembangnya teknologi kini mencari penghasilan bisa lewat internet, salah satunya melalui Google AdSense. Anak muda mungkin sudah tidak asing dengan istilah AdSense. Selama ini yang kita tahu AdSense adalah penghasilan dari iklan yang didapatkan para Youtuber di video Youtubenya. Eits jangan salah, blogger juga bisa mendapatkan penghasilan lewat AdSense lho.

Di artikel ini, aku akan membahas apa itu Google AdSense, bagaimana cara mendaftar, serta beberapa informasi, tips dan trick memaksimalkan peluang penghasilan dari AdSense.

Apa itu Google AdSense?

Google AdSense merupakan program periklanan CPC (cost per click) dari Google yang memperbolehkan para user (pemilik website atau blog) menjadi partnernya. Pemilik website atau blog yang mendaftarkan diri ke Google AdSense akan mendapatkan bayaran ketika iklannya diklik oleh pengunjung. AdSense berupa teks, gambar, video dan iklan (interaktif media) yang berada di sekitar konten Anda (biasanya di sidebars atau tengah-tengah konten).

Dilansir dari dewaweb dan niagahoster, ada beberapa keuntungan dari Google AdSense. 
1. Penghasilan Tambahan 
Ini sih sudah bisa dipastikan ya. Namun, ada beberapa faktor yang memengaruhi penghasilan kita dari AdSense yaitu jumlah traffic website atau blog, kata kunci atau konten yang ditulis menarik dan banyak dibutuhkan orang serta bahasa yang digunakan. Konten berbahasa Indonesia lebih sedikit penghasilannya daripada konten berbahasa Inggris.

Google juga akan melakukan pembayaran di setiap bulannya dengan syarat nilai total minimal mencapai 1,3 juta. Jika belum mencapai 1,3 juta sabar ya bund dan tetap semangat. 

2. Iklan Sesuai dengan Konten Website/Blog
Google AdSense merupakan jaringan iklan kontekstual. Artinya, iklan yang ditampilkan sesuai dengan blog Anda.

Misal blog Anda tentang fashion, iklan yang muncul juga bertema fashion. Sehingga para pengunjung tidak akan merasa terganggu dengan iklan yang muncul. Selain itu, Anda juga dapat mengatur ukuran, bentuk dan latar belakang iklan AdSense yang akan muncul di blog Anda.

3. Satu Akun untuk Beberapa Website/Blog
Bagi Anda yang memiliki blog lebih dari satu dan ingin didaftarkan ke AdSense tidak perlu khawatir harus membuat banyak akun AdSense. Anda hanya perlu membuat satu akun saja. Simpel banget kan.

Sebelum mendaftar ke Google AdSense pastikan usia Anda sudah lebih dari 18 tahun, konten yang ditulis bukan merupakan konten plagiat atau curian serta blog dan konten Anda tidak melanggar kebijakan Google (tidak berisi pornografi, konten bajakan, obat-obatan terlarang, tutorial hacking dan hal-hal illegal lainnya). 

Cara Daftar Google AdSense

Pertama, kunjungi laman Google AdSense dan klik Mulai yang terletak di pojok kanan atas. Lalu masukkan data yang diminta yaitu URL website/blog Anda, alamat email dan pilihan apakah Anda ingin mendapatkan bantuan dan saran dari AdSense. Kemudian klik Simpan dan Lanjutkan.


Selanjutnya Google akan melakukan verifikasi kembali apakah URL yang kita tulis sudah benar. Pastikan tidak ada typo ya. Lalu pilih negara asal Anda dan klik Create Account.

Setelah proses registrasi, Anda akan diarahkan ke dashboard Google AdSense. Isilah beberapa informasi yang diminta yakni detail alamat pembayaran. Masukkan alamat dengan benar agar AdSense dapat dicairkan nantinya. Kemudian klik Submit

Agar AdSense bekerja, Anda harus memasukkan kode AdSense Anda ke dalam html blog dengan benar. Jika salah, iklan AdSense tidak akan muncul atau iklan yang tampil tidak valid. Salin kode AdSense Anda.

Tempelkan kode verifikasi Google AdSense pada html blog setelah <head>




Setelah memasukkan kode ke dalam blog, jangan lupa memberikan tanda centang di bagian I've pasted the code into my site agar Google bisa segera melakukan peninjauan. Durasi peninjauan setiap orang beragam, ada yang cepat ada pula yang lambat. Pengalamanku kemarin sih tidak sampai satu bulan sudah disetujui.

Bagi Anda yang memiliki kendala dalam mendaftar akun AdSense atau kesulitan memasukkan kode ke html blog, bisa baca panduannya di sini.

Aku juga ingin berbagi beberapa ilmu dan tips yang kudapatkan dari webinar tentang peluang penghasilan AdSense yang disampaikan oleh mas Afit Husni. Sebelum memutuskan menggunakan Google AdSense ada beberapa tantangan yang harus diketahui oleh para blogger bahwa penghasilan yang didapat dari AdSense cukup lama, paling cepat 3 bulan (kalau nggak salah pilih niche), jumlah penghasilan blog berbahasa Indonesia juga lebih kecil, apalagi Adblocker merajalela dan beberapa user "males" lihat iklan.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan peluang penghasilan dari AdSense. Pertama, riset. Riset adalah pondasi penting. Gunakan tools yang sudah ada di internet (Ubersuggest, Reddit, Ahrefs, dll), cari yang volumenya tinggi, kompetisi rendah dan CPC (click per cost)/CPM (click per mille) tinggi. 

Kedua, persiapkan website/blog. Pilih server yang baik, gunakan domain yang mudah diingat oleh pengunjung, pilih theme blog yang ringan serta UI dan UX user friendly.

Ketiga, riset konten yang banyak dicari atau dibutuhkan dan konsisten dalam menulis. Ada yang bilang, dalam seminggu harus 2-3 kali update dan konsisten di hari yang sama. Tapi hal ini tidak 100% benar ya.

Dalam membuat konten, judul usahakan clickbait asal tidak menipu, meta desc berisi cuplikan artikel dan harus menarik, ada sub tema/sub heading (H3) dan beri call to action di akhir artikel. Meta desc itu apa? Nama lain dari meta desc yaitu deskripsi penelusuran. Kalau di blogspot letaknya di sebelah kanan laman kita menulis. Karena meta desc hanya berisi 150 karakter, tulis kalimat dengan singkat tapi menarik.

Itu tadi beberapa informasi dan tips seputar AdSense yang lumayan membutuhkan kesabaran dalam setiap prosesnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan tetap semangat!

Lilin Kecil . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates